Wednesday 30 January 2013

KONSEP PENDIDIKAN PERSPEKTIF ABUDIN NATA


KONSEP PENDIDIKAN PERSPEKTIF ABUDIN NATA
 
.
Sebagai salah satu upaya untuk mengkaji dan menganalisis referensi ke-Islaman khusunya dalam bidang pendidikan, maka  penulis akan mencoba mengkaji sebuah Konsep Pendidikan Islam Perspektif Abudin Nata (Prof. Dr. Abudin Nata). Beliau memandang sejarah Islam meruapakan salah satu bidang studi yang banyak menarik perhatian para peneliti baik dari kalangan sarjana muslim maupun nonmuslim, karen banyak manfaat yang dapat diperoleh dari penelitian tersebut. Bagi umat Islam, mempelajari sejarah Islam selain akan memberikan kebanggaan juga sekaligus pengingat agar berhati-hati. Dengan mengetahui bahwa umat islam dalam sejarah pernah mengalami kemajuan dalam segala bidang selama beratus-ratus tahun misalnya, akan memberikan rasa bangga dan percaya diri menjadi orang muslim. Demikian pula dengan mengetahui bahwa umat Islam juga mengalami kemunduran, penjajahan dan keterbelakangan, akan menyadarkan umat Islam untuk memperbaiki keadaan dirinya dan tampil untuk berjuang mencapai kemajuan.
Sementara itu, [7]bagi para peneliti Barat, mempelajari sejarah Islam selain diajukan untuk pengembangan ilmu, juga terkadang dimaksudkan untuk mencari-cari kelemahan dan kekurangan umat Islam agar dapat dijajah dan sebagainya. Disadari atau tidak, selama ini informasi mengenai sejarah Islam banyak berasal dari hasil penelitian para sarjana Barat. Hal ini terjadi, karena selain masyarakat Barat memiliki etos kemauan yang tinggi juga didukung oleh dana dan kemauan politik yang kuat dari para pemimpinnya. Sementara dari kalangan para peneliti Muslim tampak di samping etos keilmuannya rendah, juga belum didukung oleh keahlian di bidang penelitian yang memadai serta dana dan dukungan politik dari pemerintah yang kondusif.
Hasil penelitian tersebut nampaknya berguna sebagai informasi awal untuk melakukan penelitian sejarah yang mengambil pendekatan kawasan. Penelitian tersebut dapat dikategorikan sebagai penelitian literatur yang didukung oleh survei dan dianalisis dengan pendekatan sejarah dan perbandingan. Sekilas tentang pandangan Abudin Nata dan selengkapnya akan dibahas di bab-bab berikutnya.


[1] Singh, Bilver & Abdul Munir Mulkhan. Jejaring Radikalisme Islam Di Indonesia. 2012. Yogyakarta : Percetakan Galangpress. Hal. 25

[2] Nata, Abuddin. 2009. Metodologi Studi Islam. Jakarta : Rajawali Press. Hal. 88.
[3] Yatim, Badri. 2008. Sejarah Peradaban Islam. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. Hal. 263-264.
[4] Departemen Agama RI. 2007. Al-Qur’an dan Terjemahan. Jakarta : CV. Nala Dana
[5] Fadlullah, dkk.2005.Islam Progresif.Serang:Untirta Press. Hal.18
[6] Departemen Agama RI. 2007. Al-Qur’an dan Terjemahan. Jakarta : CV. Nala Dana
[7] Nata, Abuddin. 2009. Metodologi Studi Islam. Jakarta : Rajawali Press.

No comments:

Post a Comment